Rabu, 26 Desember 2012

BAGIAN-BAGIAN KOMPUTER


Mengenal Bagian dan Komponen Komputer | Komputer – Salah satu hasil dari kecanggihan teknologi adalah Komputer atau PC. Hampir semua orang yang bekerja di kantor, siswa yang belajar di sekolah, atau anak yang bermain game di rumah sudah mengenal kata komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Apa saja bagian dan komponen yang menyusun perangkat canggih ini sehingga dapat melakukan banyak hal? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan mengenal bagian dan komponen pada komputer lebih jelas, silahkan Sobat baca dan simak tulisan pada artikel ini selanjutnya.
Bagian Pada Komputer
Secara garis besar, bagian komputer terdiri dari 2, yaitu:
A. Perangkat Keras atau Hardware
B. Perangkat Lunak atau Software
Lebih lanjut 2 bagian besar pada komputer tersebut dibagi menjadi beberapa komponen.
A. Perangkat Keras atau Hardware
1. CASING
Casing merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU (Central Processing Unit). Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini.
Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah.
Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.

2. MOTHERBOARD
Merupakan bagian utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya. Pada motherboard terdapat tempat dudukan untuk memasang card-card yang diperlukan, seperti VGA card, RAM, Harddisk, dll.

3. VGA CARD
VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer hanya akan menampilkan layar hitam alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen pada motherboard atau disebut juga VGA on board.