Sabtu, 05 Januari 2013

FUNGSI KOMPUTER SERVER


Fungsi komputer server dalam jaringan komputer adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan komputer yang berfungsi mengontrol jaringan komputer. Komputer ini dapat mengakses semua komputer dalam jaringan. Tidak seperti komputer lain di jaringan, server adalah komputer khusus yang diatur untuk satu atau lebih tujuan.
Sebagai contoh, pengguna dapat men-setup server untuk otentikasi dan mengizinkan atau melarang user mengakses jaringan, mengirim/menerima file, e-mail, mengelola dan cetak pekerjaan, atau sebagai host sebuah website.
Karena server umumnya melayani kebutuhan 24 jam maka server dalam skala jaringan besar biasanya tidak pernah dimatikan. Oleh karena tugasnya yang berat maka komputer server diciptakan secara khusus. Apakah semua komputer bisa jadi server? Untuk skala besar tidak, tetapi untuk skala kecil misalnya laboratorium sekolah, komputer klien dengan penambahan memori dan processor lebih besar sudah cukup untuk dijadikan server.
1.      Tugas Utama Komputer Server
Tugas dan fungsi komputer server sangat tergantung pada penggunaan komputer server. Saya akan jelaskan klasifikasi dari server, pada tahap berikutnya.
1.      Toko aplikasi dan database yang dibutuhkan oleh komputer jaringan.
2.      Menyediakan fitur keamanan komputer.
3.      Melindungi semua komputer yang terhubung ke menggunakan firewall.
4.      Menyediakan alamat IP untuk untuk perangkat yang terhubung jaringan. Sebuah alamat IP adalah nomor unik dalam format yang xxx, dimana x berupa nomor 1 sampai 3 digit, yang digunakan untuk mengenal setiap komputer dalam jaringan.
2.      Fitur Server
Server yang Anda pilih untuk organisasi Anda, harus memenuhi kondisi tertentu. Harus memiliki ukuran memori atau RAM yang cukup besar untuk menampung jumlah query yang dijalankan oleh komputer klien. Misalnya pada lab komputer ada 50 komputer siswa yang member query sekaligus maka server akan sangat sibutk.
Aspek berikutnya adalah kecepatan prosesor. Kecepatan prosesor biasanya diukur dalam Giga Hertz dan perlu memadai untuk menjalankan semua perintah yang diminta oleh user. Kecepatan prosesor yang optimal sangat mutlak karena diperlukan untuk menyediakan fasilitas multitasking. Kapasitas penyimpanan hard drive dari komputer server, perlu cukup besar untuk dapat menyimpan semua data. Dalam sebuah jaringan, pengguna komputer umumnya menyimpan informasi pada komputer server agar mudah untuk berbagi.

1 komentar:

  1. terimakasih atas penjelasan mengenai komputer server..

    BalasHapus